Selain pempek, model dan tekwan, 5 makanan ini wajib kalian coba pada saat di Palembang

  Created : 05 August 2022

Jauh-jauh berkunjung ke ibukota Sumatera Selatan. Rasanya tidak pas kalau belum membawa oleh-oleh khas Palembang ini ke rumah.


Jauh-jauh berkunjung ke ibukota Sumatera Selatan. Rasanya tidak pas kalau belum membawa oleh-oleh khas Palembang ini ke rumah. Terkenal akan pempeknya yang sudah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. Kota Palembang juga memiliki berbagai oleh-oleh yang selalu dicari wisatawan. Simak dulu 12 macam oleh oleh khas palembang yang wajib dicoba dan dibawa pulang berikut ini!

  1. Lempok Durian Menyerupai dodol pada umumnya dengan rasa manis yang kaya. Perbedaannya hanyalah lempok adalah dodol yang bahan bakunya dari durian dan gula. Pembuatan lempok dilakukan secara turun termurun. Sehingga rasanya tetap khas dan terjaga. Dimasak dengan menggunakan kayu bakar dengan waktu yang cukup lama. Jangan lupa incip mencicip lempok ini ya!
  2. Burgo merupakan kuliner khas Palembang yang berbentuk seperti dadar gulung yang diiris kasar. Menariknya burgo di sajikan dengan siraman santan yang terdiri dari aneka bumbu. Biasanya masyarakat menyanpat burgo sebagai menu sarapan. 
  3.  Kemplang adalah kerupuk yang terbuat dari ikan di daerah sumatera seperti Palembang dan Bangka. Kemplang memiliki tesktur kasar namun renyah dan mudah dikunyah. Walau terdapat beberapa cara memasak kemplang. Namun yang paling khas adalah yang dibakar. Adonan kemplang tersebut dibakar di atas bara api. Sehingga memiliki bau dan rasa yang khas. Kemplang ini umumnya dimakan dengan sambal terasi. Kisaran harga kemplang sendiri tergantung dari bahan dasarnya. Kemplang berbahan dasar ikan tenggiri akan lebih murah dibanding ikan gabus. 
  4.  Mungkin masih banyak yang belum mengetahui Palembang punya jenis makanan khas selain pempek. Misalnya saja ikan salai yang cocok dijadikan buah tangan saat kembali berlibur dari Palembang. Salai ikan adalah jenis ikan yang diawetkan dengan cara diasap. Hampir sama dengan ikan cakalang yang populer di Minahasa, salai ikan juga memiliki cita rasa yang hampir sama. Jenis ikannya lah yang membuat ikan salai berbeda dengan ikan cakalang. Bahan baku pembuatan ikan salai adalah ikan patin, gabus, ikan baung atau ikan lais. Ikan salai terbuat dari jenis ikan baung dan lais yang paling diminati. Tak perlu bingung mengolahnya, kamu bisa memasak dengan bumbu pindang atau bisa juga digoreng garing. 
  5. Selain kemplang ada juga jenis kerupuk lain yang terkenal di Palembang. Namanya pecah seribu, sama-sama terbuat dari ikan tapi cita rasanya berbeda. Bahan yang digunakan untuk membuat pecah seribu mirip dengan kerupuk ikan biasa. Hal yang membuatnya beda adalah pada saat peroses pembuatan. Jika kebanyakan kerupuk ikan digoreng dengan teknik biasa, kerupuk ini memiliki teknik berbeda waktu penggorengan. Proses penggorengannya lah yang membuat kerupuk ini memiliki tekstur unik seperti pecah atau retak seribu. Penampilan kerupuk ini pun unik menyerupai mangkok. Bukan hanya enak dijadikan camilan, jenis kerupuk ini juga enak disantap bersama nasi atau teman menyantap tekwan.